Senin, 07 Juni 2010

Randy Pausch: "Make Every Interaction COUNT"

Bagaimanakah rasanya jika kita mengetahui bahwa umur kita tidak lebih dari enam bulan lagi? Akankah kita lebih menghargai waktu?? Topik inilah yang diangkat pada film The Last Lecture.

The Last Lecture berpusat pada seorang Randy Pausch, seorang profesor ilmu komputer di Carnegie Mellon University di Pittsburgh. The Last Lecture dimulai dengan kebimbangan seorang Pausch untuk menyampaikan kuliah terakhir. Dalam ceramah di podium yang ia beri judul Kiat Agar Benar-Benar Berhasil Mencapai Impian Masa Kecil Anda, Pausch memaparkan impian masa kecilnya. Dia menyampaikan pentingnya menghabiskan waktu dengan orang yang kita cintai dan menghargai karunia - karunia kecil yang selama ini kita bahkan tidak menyadarinya. Dengan gaya yang menghibur, Pausch mencontohkan kebanyakan orang seringkali terbelenggu dengan apa yang mereka miliki dan menganggap apa yang mereka miliki menjadi simbol status mereka.

The Last Lecture berisi penuh penyesalan dari seorang Pausch yang merasa telah menyia-nyiakan waktunya selama ini. Pausch berbagi pengalamannya pada saat - saat terakhir ketika ia telah divonis menderita kanker pancreas. Ia menunjukkan bahwa manusia justru lebih menghargai waktu ketika manusia mengetahui waktu yang dimiliki tinggal sedikit lagi.

"Kita tidak bisa mengubah kartu yang telah diberian kepada kita, kecuali bagaimana cara kita memainkannya"

Nilai - Nilai Yang Dapat Dipetik:

-Make Every Interaction Count yang berarti kita harus memperhatikan dan menikmati setiap interaksi kita. Sesuatu yang sering kita sepelekan selama ini.

-Luangkan waktu dan tingkatkan kualitas hubungan kita pada keluarga maupun pada orang yang kita cintai, karena setiap waktu yang diberikan kepada kita merupakan karunia dari Tuhan YME.

-Cintai nilai-nilai dasar kehidupan, jangan sampai sesuatu yang kita miliki memiliki kita.

-Jalani kehidupan dengan kualitas terbaik kita, seakan saat itu adalah saat yang terakhir bagi kita.

-Mimpi adalah kendaraan kita untuk mencapai harapan.

Hidup adalah perjalanan yang panjang dan penuh dengan halangan. Orang yang menggapai impiannya adalah orang yang berhasil mengatasi halang - rintangan. Halang - Rintangan tersebut pula yang membuat sebagian orang menjadi teguh ataupun... sukses. Semakin banyak rintangannya niscaya orang tersebut akan semakin kuat dan teguh.

Good luck for us all ;)

1 komentar:

  1. Saya juga sudah menonton serta membaca bukunya. Sungguh benar-benar memotivasi ! Kisah seorang Randy yang hebat serta bagaimana dia dapat menghadapi kehidupan yang sudah semakin singkat dengan sikap yang tetap positif. Berdasarkan cerita dalam bukunya, saya juga mendapatkan satu pelajaran lain yang berharga, 'kita harus cerdik dalam mencari cara-cara yang pantas untuk meraih impian kita'. Salam kenal dari saya :)

    BalasHapus